Public Lecture: Participatory Planning in Environmental Management Studi Case in Kelantan, Malaysia

Dalam mengupayakan meningkatkan wawasan mahasiswa terkait Pemberdayaan masyarakat dan Model Perencanan Pembangunan. Program studi ilmu pemerintahan Universitas Pancasakti Tegal menyelenggarakan Public Lecture yang bertemakan Participatory Planning in Environmental Management Studi Case in Kelantan, Malaysia. Materi tersebut diterangkan oleh Teuku Afrizal, Ph.D beliau merupakan dosen di Faculty Humanities, Art and Heritage University Malaysia Sabah.

Teuku Afrizal, Ph.D menerangkan bahwa pentingnya sebuah pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari kalangan akademik, contohnya dalam mengelola sampah di perkotaan. Kelantan, merupakan salah satu kota penghasil sampah terbanyak di Malayasia. Oleh karena itu, pemerintah membuat kebijakan baru dalam pengelolaan sampah melalui pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dimulai dari melegalisasi perkumpulan atau persyarikatan masayrakat sehingga pemerintah dengan mudah membina kelompok tersebut. Setiap berkala kelompok tersebut mendapatkan bantuan dari pemerintah yang berupa gerobak sampah, uang dan yang lainnya sebagai fasilitasi pemerintah. Dengan membangun kesadaran mengelola sampah di Kelantan, maka saat ini kota tersebut bersih dari kotoran-kotoran di pinggir jalan.

Selain iu, Public Lecture ini merupakan bentuk kerjasama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pancasakti Tegal dengan Faculty Humanities, Art and Heritage University Malaysia Sabah.

Suport By.

HUBUNGI KAMI

  • Alamat : Kampus Terpadu Gedung-G, Universitas Pancasakti Tegal
  • Tel: (+62) 283 323290
  • Email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.